BPSDM Kemendagri Tak Hanya Fokus Pada Pendidikan dan Pelatihan

By Admin

nusakini.com-- Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri saat ini tidak hanya fokus pada pendidikan dan pelatihan bagi aparatur sipil negara baik di pusat maupun di daerah. 

Saat ini, fungsi dan peran dari BPSDM sendiri memiliki arti penting dan strategis. Sebagaimana yang dikatakan oleh Kepala BPSDM Kemendagri Teguh Setyabudi di Rakornas BPSDM di Kantor BPSDM, Jakarta, Kamis (30/3). 

BPSDM juga berfungsi sebagai standarisasi, sertifikasi dan pengembangan kompetensi. Beberapa hal tersebut seperti akan dibuktikan dengan penerbitan acuan pedoman terkait pengembangan kompetensi ASN. 

“Perubahan nomenklatur bukan hanya nama tapi ada konsekuensi yang besar, bertambah peran dan fungsi dari BPSDM , yang bukan semata-mata pendidikan dan pelatihan tetapi disiplin juga ada fungsi standarisasi, sertifikasi dan pengembangan kompetensi,” ungkap Teguh. 

Terkait dengan pengembangan kompetensi, BPSDM akan meyusun standar-standar potensi jabatan dan juiga regulasi. Maka dari itu, melalui Rakornas BPSDM, BPSDM pusat dan daerah baik tingkat provinsi dan kabupaten kota bersama-sama membangun sinergi serta meningkatkan kapasitas BPSDM. 

“Untuk pengembangan kompetensi bukan hanya melaksanakan diklat, tetapi juga workshop dan pengembangan lainnya, ini sangat penting untuk langkah ke depan,” tandas Teguh.(p/ab)